Kain Tenun dengan Pewarna Alami di Pulau Ende

Puluhan Mama-mama di Pulau Ende Ikuti Pelatihan Produksi Kain Tenun dengan Pewarna Alami

SPI, NTT- Puluhan Mama-mama nampak antusias mengikuti pelatihan produksi kain tenun dengan pewarna alami di Pulau Ende, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Minggu (20/01) kemarin.

Pelatihan yang didampingi oleh Merdy Sihombing ini digelar oleh Yayasan Sahabat Pulau Indonesia (SPI), yang bekerjasama dengan Zakat Community Development Baznas, Badan Amil Zakat (Baznas) NTT, dan Baznas Ende.

Sebanyak 23 mama-mama, yang merupakan kelompok penerima zakat (mustahik), nampak bersemangat mengikuti setiap proses kegiatan.  Selain produksi kain tenun, acara tersebut juga diisi dengan Rapat Evaluasi serta pengajian.

Diungkapkan Nur Rahmat Hidayat, Project Officer SPI, dengan adanya program pelatihan tersebut, bisa menjadi tambahan penghasilan untuk mama-mama di Pulau Ende.

“Karena kain tenun pewarna alam ini sedikit lebih mahal dari kain yang biasa mereka buat. Selain itu, pemasarannya buka cuma di sekitar Pulau Ende tetapi di luar Ende juga,” terangnya.

Dirinya pun merasa senang melihat antusiasme mama-mama yang sangat luar biasa dalam mengikuti kegiatan tersebut.

“Karena pelatihan ini merupakan suatu hal yang baru, dan ini seperti kembali ke nenek moyang mereka dengan menggunakan pewarna alam yang notabenenya sudah lama mereka tinggalkan,” ujarnya.  []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar