Youth Volunteer Camp 1.0 Sahabat Pulau Chapter Bima

Youth Volunteer Camp adalah program capacity building untuk menghasilkan relawan-relawan Sahabat Pulau di Indonesia. Saat ini kegiatan Youth Volunteer Camp (YVC) diadakan di salah satu Chapter (cabang) Sahabat Pulau yakni di BIMA dengan nama kegiatan “Youth Volunteer Camp Sahabat Pulau Chapter Bima 1.0”.
Kegiatan dilaksanakan di Hotel La Ila Bima yang diikuti lebih dari 20 peserta yang merupakan pemuda local Bima ini, berlangsung dari tanggal 2 sampai 4 November 2018, memuat beberapa materi yang sangat menunjang untuk kegiatan volunteering nantinya.
Di hari pertama peserta menerima materi pengenalan “Sahabat Pulau” tentang tujuan, lokasi serta kegiatan-kegiatan di beberapa chapter lainnya yang dibawakan langsung oleh Direktur Sahabat Pulau M.Isra Rudin. Selain itu, peserta juga menerima materi “voluntary” yang berisi paparan kenapa kita harus menjadi relawan, apa itu relawan, apa yang kita butuhkan ketika menjadi relawan dan bagaimana menjadi relawan yang cerdas yang dibawakan langsung oleh advisor Sahabat Pulau, Devi Indriawati.
Kedua materi ini diharapkan dapa menjadi bekal utama para relawan nantinya ketika mengerjakan program-program voluntary.

Di hari kedua peserta kembali mendapatkan pembekalan materi yakni “Edu Sport Warrior” yang merupakan kegiatan outdoor (di luar ruangan) yang mengasah kemampuan kreatif dan kerja sama para calon relawan dalam sebuah tim kerja.
Selain itu pula ada materi “Konflik Sosial Komunial” yang berisi tentang bagaimana dan kenapa konflik itu bias terjadi, bagaimana pencegahan-penghentian-pemulihan konflik yang bersinergi dengan nilai-nilai perdamaian. Dimana para calon relawan diharapkan bias menjadi bagian dari generasi Damai yang menebar kedamaian. Materi ini dipaparkan langsung oleh founder Rumah Cita Bima: Muh. Yunus
Materi ketiga yakni materi “Prevention Sexual Harrasment and abuse” yang berisi tentang bagaimana pencegahan dan penanganan pelecehan seksual. Materi ini sangat penting bagi para calon relawan yang banyak bekerja atau berkegiatan di lapangan dan kontak langsung dengan masyarakat. Materi ini dibawakan langsung oleh Advisor Sahabat Pulau: Rita M. darwis.
Materi terakhir di hari kedua yakni “Mapping Collaboration” yakni materi yang mengasah daya pikir, kritis dan kreatif para calon relawan untuk melihat masalah, solusi dan keberlanjutan kegiatan volunteering nantinya. Materi ini dibawakan oleh Advisor dan Founder Sahabat pulau: Hendriyadi Bahtiar Dg Sila.

Di hari ketiga yang juga merupakan hari terakhir kegiatan Youth Volunteer Camp (YVC) Sahabat Pulau Chapter Bima, peserta kembali diasah kemampuan daya pikir, kritis, kreatif serta kemampuannya memaparkan hasil dari mapping collaboration yang mereka dapatkan di hari kedua kemarin. Kegiatan ini dipandu oleh semua advisor dan kakak-kakak Sahabat Pulau.

Selain itu peserta juga masih menerima materi “Mari membangun Desa” yang berisi tentang pentingnya bagi pemuda untuk kembali ke desa untuk melakukan sebuah perubahan yang disampaikan langsung oleh Adi Sucipto perwakilan dari Organisasi WE SAVE Dompu, kemudian berlanjut ke materi “wawasan kebangsaaan” yang memaparkan soal apa peran kita sebagai pemuda Indonesia dengan berbagai keberagaman suku, bahasa dan juga agama dan dipaparkan langsung oleh LetKol Hardani.

Materi terakhir dan juga materi penutup “Child Protection” adalah materi yang menjelaskan tentang UUD Perlindungan anak, apa yang menjadi hak-hak anak, dan juga bagaimana bersikap sama anak yang disampaikan langsung oleh Andico Wibisono.

Rangkaian materi dari hari pertama hingga hari terakhir adalah focus utama pembekalan untuk calon relawan Sahabat Pulau Chapter Bima yang akan menjadi acuan mereka ketika mengerjakan kegiatan volunteering nantinya.
Sahabat Pulau “Together We Can Make Indonesia Better”
#sahabatpulauchapterbima
#sahabatpulau
#relawanpendidikan
#volunteerforeducation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar