SP ON CHARITY: BAJU LEBARAN ADIK PANDA

Sungguh tidak lengkap rasanya jika bukan Ramadhan dilewati tanpa berbagi. Itulah yang dirasakan oleh para volunteer Sahabat Pulau Palu. Di setiap tahunnya, volunteer Palu selalu melaksanakan SP on Charity dengan cara yang beragam. Tak terkecuali tahun ini, mereka pun mencari ide yang belum pernah mereka lakukan di tahun-tahun sebelumnya. Maka terbesitlah ide untuk berbagi dengan cara membawa adik-adik berbelanja di pasar untuk membeli baju lebaran mereka.
Gagasan ini muncul karena para volunteer berpikir kita sudah terlalu sering beli baju baru, apalagi kalau mau lebaran. Tahun ini, kenapa kita tidak coba sisihkan sedikit jatah baju lebaran kita untuk adik-adik yang mungkin belum tentu bisa setiap tahun merasakan punya baju baru saat lebaran. Memang, lebaran tidak semerta-merta mengenai baju baru. Tetapi apa salahnya jika kita bisa berbagi sedikit kebahagiaan dengan mereka kan, kak?
Akhirnya proses fundraising pun dimulai dengan target jatah belanja masing-masing sebesar Rp 200.000 untuk tiap anak. Dengan target awal hanya 10 anak, para volunteer tidak serakah maupun ambisius untuk bisa kembelanjakan berpuluh-puluh anak karena tidak mau terlalu memaksakan kehendak. Tetapi alhamdulillah, karena niat tulus para volunteer, donasi yang terkumpul hingga hari H pun mencapai 5 juta lebih. Dengan dana sebanyak itu, pada tanggal 11 Juni 2018, para volunteer bisa membelanjakan 23 orang anak serta memberi mereka bekal masing-masing 2 porsi nasi bakar dan air mineral untuk dibawa pulang sehingga mereka bisa menikmatinya untuk berbuka dengan keluarga masing-masing.
Dengan latar belakang yang beragam, adik-adik diambil dari berbagai lokasi di kota Palu. Ada adik yang merupakan yatim piatu, ada yang sudah ditinggalkan oleh ayahnya, ada yang baru saja mendapat musibah kebakaran, ada yang menjadi ‘anak tinggal’ di rumah orang lain, dan masih bangak lagi. Semua latar belakang mereka sangat menyayat hati para volunteer, kak. Sedih.
Tapi alhamdulillah, walaupun cuma sehari, para volunteer bisa membuat raut bahagia muncul di wajah mereka. Dan para volunteer pun bersyukur karena tidak ada yang salah sasaran dalam memilih adik-adik yang diajak berbelanja. Terima kasih banyak kepada kaka-kaka donatur yang telah memungkinkan kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik. Semoga pahala kaka-kaka semua dilipat gandakan di bulan penuh berkah ini, aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar