Pekanan Rumah Baca

Pulau Pasaran, Bandarlampung (15/4/2018)-Hari ini Teman-teman Sahabat Pulau Lampung mengadakan kegiatan pekanan di Rumah Baca Harapan (Rubah) Pulau Pasaran. Sebelum memulai aktifitas, dipimpin oleh seorang adik Rubah kami berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing.

Kegiatan berlanjut dengan membaca buku selama 20 menit. Setelah membaca, salah satu adik Rubah diminta menceritakan kembali apa yang sudah dibaca. Hal ini untuk melatih keberanian adik-adik berani berbicara di depan orang lain, dan juga mengajak adik-adik yang lainnya mengapresiasi keberanian temannya dengan cara mendengar dan menyimak dengan baik.
 
Hari ini, kami belajar tentang Berkata Yang Baik. Sesuai dengan judul buku yang dibaca oleh adik Rubah. Kami belajar untuk menggunakan kata Tolong ketika meminta bantuan orang lain. Menggunakan kata terima kasih ketika sudah mendapatkan bantuan, dan mengucapkan Maaf ketika melakukan kesalahan. Satu-persatu adik-adik diminta untuk mencontohkan, apa yang akan dikatakan ketika mereka meminta diambilkan sesuatu oleh orang lain.
Dalam rangka menyambut Hari Kartini, salah satu volunteer mengajak adik-adik untuk mengenal sosok Kartini dan juga beberapa pahlawan wanita Indonesia lainnya. Kami juga bernyanyi lagu Ibu Kartini bersama. Beberapa adik-adik maju memimpin yang lainnya untuk menyanyikan lagu Ibu Kartini.

Salah satu hal yang menyenangkan adalah ketika mendengar apa cita-cita dari adik-adik Rubah. Sebelum memimpin menyanyikan lagu, adik-adik yang sudah dengan berani berdiri di depan teman-temannya yang lain, menceritakan tentang cita-citanya.
Sebelum mengakhiri kegiatan hari itu, kami bermain permianan Mengumpulkan Karet. Permainan yang membutuhkan kerja sama tim yang baik. Terdapat tiga tim, masing-masing terdiri dari 6 orang. Peserta harus memindahkan karet dari teman yang diujung ke ujung lainnya menggunakan sedotan yang dipasang di mulut. Permainan dimenangkan oleh tim kuning.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar