Lestarikan Alam & Satwa Kado Terindah untuk Generasi Mendatang Persembahan Kasih Ekayana Peduli dan Sahabat Pulau

Tanjung Pasir, Sabtu, 12 Desember 2015

IMG_8593Tiada hadiah (kado) yang lebih indah bagi anak cucu kita kecuali bumi yang nyaman untuk ditinggali. Semua ini hanya bisa terwujud jika kita dapat melestarikan alam beserta ekosistemnya.

Menyadari akan pentingnya pelestarian alam, Ekayana Peduli sebuah wadah sosial yang dibentuk oleh Wihara Ekayana Arama – Tanjung Duren, Jakarta, untuk membantu masyarakat yang kurang mampu, tergerak untuk bersumbangsih dalam melestarikan alam dengan cara penanaman 3000 pohon bakau “Kegiatan rutin yang telah Ekayana Peduli lakukan adalah kegiatan sosial seperti pembagian sembako, kacamata untuk anak sekolah dan warga, kursi roda untuk penyandang disabilitas dan bantunan pendidikan bagi masyarakat kurang mampu, pengobatan massal serta donor darah yang telah terjadwal setiap 3 bulan dan kali ini kami ingin berkontribusi nyata bagi pelestarian alam”; demikian disampaikan Suanto Husada Ketua Ekayana Peduli.

Program Go Green pertama yang dilakukan oleh Ekayana Peduli ini merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan ke-20 usia Wihara Ekayana Arama – Indonesia Buddhist Center. Ekayana selalu berupaya untuk membawa Dharma (kebenaran sejati) yang dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari atau dikenal dengan Dharma yang hidup. “Program Go Green ini merupakan praktik dharma dalam kehidupan yang nyata, suatu bukti welas asih yang tumbuh dengan meneladani semangat para Buddha dan Boddhisattwa, yang tidak hanya memberi manfaat bagi masyarakat sekitar tetapi juga lebih luas lagi memberi manfaat tanpa batas bagi lingkungan dan negara”; imbuh Bhiksu Aryamaitri Mahasthavira pimpinan Wihara Ekayana Arama.

Penanamam pohon bakau dipilih sebagai langkah awal pelestarian alam yang dilakukan Ekayana Peduli, karena manfaat besar yang akan sangat dirasakan oleh masyarakat pesisir karena mampu mencegah intrusi air laut, mencegah erosi dan abrasi pantai, penyaring alami limbah-limbah organik, penghalang alami angin laut yang kencang, sebagai tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa satwa, menstabilkan daerah pesisir.

Pelaksanaan kegiatan penanaman pohon bakau ini berkolaborasi bersama Sahabat Pulau. Sahabat Pulau adalah organisasi berbasis aksi kepemudaan yang berfokus kepada socio-entrepreneurship dalam pemberdayaan masyarakat dan pemuda pesisir yang berkelanjutan di seluruh Indonesia.

“Desa Tanjung Pasir kami pilih karena abrasi pantai yang parah sehingga mengancam hunian dan mata pencaharian warga. Selain kegiatan penanaman pohon bakau Ekayana Peduli juga mengadakan kegiatan bakti sosial pemberian 400 paket sembako bagi warga sekitar, semoga langkah kecil tindakan welas asih ini dapat memberikan manfaat berkesinambungan bagi masyarakat desa Tanjung Pasir”, ujar Husen Danavira ketua program Go Green Ekayana Peduli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *