Youth Volunteer Camp 2.0 Chapter Padang

Photo 9-6-15, 10 49 16 PM

Sahabat Pulau Chapter Padang kembali menggelar Youth Volunteer Camp di tahun kedua berdirinya komunitas ini di kota Padang. Kegiatan yang diadakan pada tanggal 5-6 September 2015 ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk capacity building program untuk para volunteer baru Sahabat Pulau Chapter Padang.

Kegiatan yang bertajuk “Youth Volunteer Camp 2.0” ini berlangsung di dua tempat yang berbeda, hari pertama berlokasi di Gedung Serba Guna PKBI Sumatera Barat di Padang dan hari kedua di project site SD 40 Barung Balantai, Tarusan, Pesisir Selatan.

Kegiatan hari pertama dimulai dengan perkenalan Sahabat Pulau Chapter Padang dengan menampilkan video kegiatan Sahabat Pulau Chapter Padang selama 1 tahun terakhir, kemudian dilanjutkan dengan materi-materi dari pembicara yang sudah hadir di lokasi kegiatan. Ada Mayor (Laut) Dodi, SH,MH dari Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) II Padang. Mayor Dodi menyampaikan pentingnya pengetahuan NKRI bagi para volunteer dalam meningkatkan rasa cinta kepada tanah air. Kemudian materi kedua disampaikan oleh advisor Sahabat Pulau, Devi Indriawati, S.Hut. Dalam materinya yang sangat fun dan kekinian, Kak Devi- begitu ia disapa- menjelaskan mengenai komunitas Sahabat Pulau itu sendiri mulai dari awal terbentuk hingga kini yang telah menjajal hingga kancah Internasional. Sesi ketiga mengenai creative volunteer dipimpin langsung oleh Executive Director Sahabat Pulau Chapter Padang, Mustika Arini. Dalam sesi ini, volunteer yang telah terbagi dalam 4 kelompok diminta untuk se-kreatif mungkin mempersiapkan project Healthy Lifestyle and Reading Campaign yang nantinya akan dilaksanakan pada saat kunjungan ke project site bersama adik-adik di Rumah Baca.

DSC_0214DSC_0250

 

 

 

 

 

 

Di hari kedua, kegiatan Youth Volunteer Camp 2.0 berlangsung di lokasi Rumah Baca (RuBah) project site yaitu SD 40 Barung Balantai, Tarusan, Pesisir Selatan. Dengan menggunakan truk Lantamal II Padang perjalanan selama 2 jam ditempuh oleh seluruh volunteer dan mereka turun langsung ke project site untuk melakukan Healthy Lifestyle and Reading Campaign sebagai langkah awal mendekatkan diri dengan adik-adik dampingan di sekolah tersebut. Pihak Sekolah, guru-guru beserta murid-murid SD 40 Barung Balantai menyambut kedatangan kakak volunteer dengan sangat antusias. Kak Devi sebagai advisor Sahabat Pulau mengaku salut dengan kreativitas para volunteer dalam menyajikan materi untuk kampanye ini. Ada yang menggunakan media games, story telling, hingga nyanyian dan tarian yang memudahkan adik-adik Rumah Baca (adik RuBah) dalam memahami materi yang disampaikan. Materi tersebut adalah mengenai “Kampanye Perilaku Hidup Bersih dan Sehat”, “Makanan Sehat dan Bergizi”, “Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut”, dan “kampanye Membaca” yang mendekatkan kembali Rumah Baca dengan adik-adik SD 40 Barung Balantai tersebut.

Komunitas Sahabat Pulau sendiri adalah komunitas yang bekerja untuk menciptakan aksi berorientasi berkelanjutan untuk membantu menangani masalah pendidikan Indonesia. Pada project kali ini Sahabat Pulau menjalin kerjasama dengan Otsuka untuk mereaktivasi 7 perpustakaan Otsuka yang tersebar di seluruh Indonesia dalam Program Satu Hati, dimana 2 diantara perpustakaan tersebut terletak di Sumatera Barat, yaitu di Tarusan, Pesisir Selatan dan di Batu Kambing, Agam.

DSC_0369

Kegiatan Youth Volunteer Camp 2.0 Sahabat Pulau Chapter Padang ini diakhiri dengan flashmob yang diciptakan oleh para volunteer secara spontan dengan mengajak seluruh adik-adik di Rumah Baca untuk menarikan lagu ”Makanan Sehat” dengan kegembiraan yang luar biasa.

Disamping itu juga ada penyerahan donasi buku oleh Organizing Committee Chief Youth Volunteer Camp 2.0, Fatmasari Purba, kepada pihak sekolah. Dalam perjalanan pulang menuju Padang, para volunteer juga mengunjungi kawasan Wisata Mandeh yang tidak jauh dari project site untuk mengenal lebih dekat potensi wisata di Sumatera Barat.

3 thoughts on “Youth Volunteer Camp 2.0 Chapter Padang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *